Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Pengalaman Test & Interview Seleksi Karyawan BTPN

 

Pengalaman Test & Interview Seleksi Karyawan BTPN

Pengalaman Test & Interview Seleksi Karyawan BTPN Terbaru

Profil BTPN 

PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) resmi beroperasi sebagai bank baru hasil penggabungan usaha (merger) antara PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI). Bank BTPN akan menjadi suatu bank universal yang memiliki bisnis lebih lengkap dan melayani segmen nasabah yang lebih 

Kegiatan Usaha

MAXI MICRO. DIGITAL MICRO. KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PINJAMAN ANGSURAN BERJANGKA. PINJAMAN REKENING KORAN (PRK) TOUCHBIZ. GUARDIA SUPREME LIFE.

KARIR.

HUBUNGAN INVESTOR.

Tes dan Interview


1. Seleksi Administrasi

Jadi disini kalian harus mempersiapkan surat lamaran kerja, CV, Ijazah, Transkip Nilai, SKCK, KTP, dll. Pokoknya kalian lengkapi semuanya, oh ya buatlah CV semenarik mungkin terutama di keahlian dan juga pengalaman kerja. Saya lolos tes administrasi dan mendapat panggilan untuk tes


2. Test Psikotes

Tes psikotes yang di teskan masih semuanya tentang personal kita aja. Gak ada tes matematika atau apapun itu cuma kaya CFIT, IST, Wartegg dan terutama disini Kraeplin atau lebih dikenal tes koran. HRD lebih cenderung melihat hasil tes Kraeplin anda itu, karna disitukan anda di nilai seberapa cekatan dan kuat anda terhadap tekanan saat bekerja nanti. Tes ini dilakukan kurang lebih 3 jam, disini psikotes saya lagi-lagi Alhamdulillah lulus ke tahap berikutnya. Untuk mt ada tambahan tes bahasa inggris dan jurusan yang dipilih.

Bahasa inggris

Nah ini yang harus diperhatikan, ada bahasa inggris nya juga lho. Makin komplit kan. Hahah. Ya kalo menurut saya seh bahasa inggrinya standar lah. Persis sama soal – soal TOEFL. Jadi ya ngga usaha di anggap sesuatu yang susah. Enjoy aja se kuncinya. Nah yang pengen masuk MT Alfamart mulai sekarang tuh di latih bahasa inggrisnya. 


3. Tes Interview HRD

Tech & HR Interview dilakukan di waktu yang bersamaan. Proses ini dilakukan bersama tiga orang: Tech Head / Lead , Trainer, dan Talent Head. Lo beruntung banget kalau dapatnya bersama Tech Lead karena lo ga perlu mempresentasikan studi kasus lo. Tapi kalau lo dapet Tech Head, ya kemungkinan besar lo harus mempresentasikan studi kasus yang diberikan ke lo via email. It is best to prepare for the presentation in english. Kenapa? karena engga semua Head disini adalah orang Indonesia.

Technical interview ini seperti Live Coding begitu. Lo bakal dikasih soal dan diberikan waktu sekitar 15 menit untuk membuat solusinya. Menurut gue sih soalnya simpel saja, asalkan lo gak panik. Lo bisa menggunakan bahasa pemograman yang paling lo pahami, ga perlu pakai Java untuk solve problem itu. Bahkan kalau lo buta bahasa pemograman pun lo bisa pakai pseudocode untuk menyelesaikannya. Setelah lo selesai menyelesaikan masalah itu, lo bakal ditanya-tanya mengenai logika dan alur pikir lo untuk solve problem itu.

Kalau lo bisa menyelesaikan soal pertama dan menjawabnya dengan perfect, lo langsung lanjut ke interview HR. Kalau lo dianggap belum perfect, lo bakal dikasih satu pertanyaan lagi. Sama seperti sebelumnya, lo bakal dikasih waktu 15 menit untuk membuat solusinya, kemudian akan ditanya-tanya. Ketika ditanya dan lo gak tau jawaban pastinya, gue saranin lo bisa menyiapkan beberapa alternatif solusi.

HR Interview ini seperti interview pada biasanya: Lo bakal ditanyakan mengenai diri lo yang lo tulis di CV. Pertanyaannya seputar: learning process, problem solving, aktivitas sehari-hari, kegiatan lo di kampus / kantor sebelumnya yang impactful, dan kemampuan komunikasi. Paling penting disini adalah bagaimana lo menjual diri lo ke panelis. Semakin bagus storytelling lo, semakin oke bluffing lo, semakin tinggi kepercayaan panelis ke lo. Gue saranin lo belajar bluffing yang bijak dan meyakinkan.

Lo bakal dikontak oleh rekruter lagi maksimal 2 Minggu setelah interview berlangsung. Pengalaman gue dan teman-teman, kalau lo engga dikontak oleh rekruter lebih dari 3 hari setelah interview, anggap saja lo engga lolos di tahap ini.

Kalau lo lolos, lo akan ditelfon dan diberikan detail tentang benefit dan program yang akan lo laluin. for this case, program CHiP. anyway, lo harus sedia KERTAS dan PULPEN untuk mencatat penawarannya karena penawarannya engga bakal dikirimkan via email. Ingat baik-baik dan jangan sampai panik ketika ditelfon. *pengalaman gue dan 


4. Tes MCU

Kalau lo lolos dari proses interview, selanjutnya lo akan dijadwalkan untuk melakukan medical check up di klinik yang sudah bekerja sama dengan BTPN. Gue waktu itu dapet di Bio Test Klinik di Menteng. Prosesnya cepet banget. Gue medical check up ga sampe 30 menit langsung pulang. MCUnya cuma cek darah, x-ray punggung, terus konsultasi dokter.

Kurang lebih 3 Hari kerja setelah MCU akan ditelfon lagi oleh rekruter kalau MCU lu bagus / tidak. Kalau bagus, lo akan diteruskan untuk penandatanganan offering letter.


 4.  TTD

Ttd kontrak.. yapsss,, saat itu aku ttd kontrak 1 tahun dengan upah 1.3 jt , untuk aku yang baru lulus SMK 1,3 adalah angka yang sangat besar bagiku saat itu,, bayangin dong waktu sekolah aku gak pernah megang uang lebih dari 300ribu,,
6. Training, berhubung domisiliku adalah kota solo aku training di salah satu HOTEL JOGJA, grade palece hotel. wihh ini adalah pengalaman menyenangkan dan gak bakal aku lupain seumur hidup. Pertama kalinya aku dihotel mewah dan satu hotel sama pemain PERSIJA satu minggu lagi. Disitu kita Cuma duduk dengerin makan test, duduk dengertin makan test, udah gt aja terus semua gratis dan bahkan dapat uang transport.
Deng deng,,,,, yapp,, setelah training saya baru melihat kenyataan yang sesungguhnya bagaimana pekerjaan saya. Seminggu kerja saya nangiss terusssssss...... hehehe maklum baru pertama kali kerja
Tugas saya adalah
1. Cari nasabah,,, dan itu susahhhh,,, tapi karna mau usaha dapet lah,, walaupun gak pernah target
2. Kalau sudah dapat nasabah kita juga yang handle adminya mulai dari ktp, kk, surat keterangan dll.. sekitar 7 sampai 10 form dan pelatihan usaha, kenapa kita ada pelatihan ? yapp karna kita tanpa jaminan, makanya dari awal kita latih nasabah dan biar tau karakter nasabah itu mau bayar atau enggak kedepanya.
3. Kita yang cairin duitnya sendiri kenasabah
4. Kita juga yang nagih... untung nasabahku gak ada yang bandel, aman lahhh
Nah kurang lebihnya kaya gt lah,, kerjaanya PEMBINA SENTRA
Keuntungan kerja disana
1. Mess dan semua kebutuhan disediakan
2. Uang loundry. PRT sampai uang jalan jalan ada
3. Gaji pokok, jadi target gak target tetep dapet
4. Pengalaman hidup yang luar biasa, dari nasabah nasabanh saya , ada yang sukses sampai yang gulung tikar, semua saya jadkan pembelajaran.
5. Thr 2x gaji dan bonus
Kenapa say keluar ?
1. Saya sudah 1 tahun disana dan tidak ada peningkatan karir karna ijsah saya belum s1
2. Gaji gak naik naik
3. Perubahan Aturan yang  makin ribet
4. Cari nasabah udah susah
Nahhh.... itu pengalaman saya selama kerja dibank BTPN sebagai pembina sentra, semoga bisa membantu temen temen yang sedang cari informasi mengenai pekerjaan ini, semoga bermanfaat ya,,,,
Oh ya kalau temen temen suka bisa tinggalin komentar ya,,, biar saya semngat share pengalaman yang lain,,,, atau bisa DM saya via IG. Dan komen difoto terbaru saya bilang kalau kalian DM, biar saya cepet liat DM nya,,, banyak promosi sih soalnya jadi males buka

Post a Comment for "Pengalaman Test & Interview Seleksi Karyawan BTPN"

close