Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Pengalaman Test & Interview Seleksi Karyawan Bank DKI

Pengalaman Test & Interview Seleksi Karyawan Bank DKI


Pengalaman Test & Interview Seleksi Karyawan Bank DKI Terbaru

Profil Bank DKI

Bank DKI didirikan dengan maksud dan tujuan untuk membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan Daerah di segala bidang serta salah satu sumber pendapatan daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Pada saat pendirian, pemegang saham adalah Pemerintah Daerah DKI Jakarta sebanyak 99,97% dan 0,03% saham dimiliki oleh PD. Pasar Jaya, dengan jumlah modal disetor sebesar Rp 3.900.000.000,00 (tiga triliun sembilan ratus miliar rupiah).

Pada tanggal 30 November 1992, Bank DKI resmi menjadi Bank Devisa. Pada tahun 1999, Bank DKI berubah bentuk badan hukum dari Perusahaan Daerah menjadi Perseroan Terbatas.

Kegiatan Usaha

Untuk itu Bank DKI melakukan berbagai kegiatan usaha, diantaranya:

·         Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu

·         Memberikan kredit

·         Menerbitkan surat pengakuan hutang

·         Membeli, menjual atau menjamin atas risiko sendiri maupun untuk kepentingan dan atas nama perintah nasabahnya :

·         Surat-surat wesel termasuk wesel yang diakseptasi oleh bank yang masa berlakunya tidak lebih lama daripada kebiasaan dalam perdagangan surat-surat dimaksud.

·         Surat pengakuan hutang dan kertas dagang lainnya yang masa berlakunya tidak lebih lama dari kebiasaan dalam perdagangan surat-surat dimaksud.

·         Kertas perbendaharaan negara dan jaminan pemerintah.

·         Sertifikat Bank Indonesia.

·         Obligasi.

·         Surat dagang berjangka waktu sampai dengan 1 (satu) tahun.

·         Instrumen surat berharga lain yang berjangka waktu sampai dengan 1 (satu) tahun

·         Memindahkan uang baik untuk kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan nasabah

·         Menempatkan dana, meminjam dana dari, atau meminjamkan dana kepada bank lain, baik dengan menggunakan surat, sarana telekomunikasi maupun dengan wesel unjuk, cek atau sarana lainnya

·         Menerima pembayaran dari tagihan atas surat berharga dan melakukan perhitungan dengan atau antar pihak ketiga Menyediakan tempat untuk menyimpan barang dan surat berharga

·         Melakukan kegiatan penitipan untuk kepentingan pihak lain berdasarkan suatu kontrak

·         Melakukan penempatan dana dari nasabah kepada nasabah lainnya dalam bentuk surat berharga yang tidak tercatat di bursa efek

·         Melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan wali amanat

·         Menyediakan pembiayaan dan/atau melakukan kegiatan lain berdasarkan Prinsip Syariah, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh yang berwenang

·         Melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing

·         Melakukan kegiatan penyertaan modal pada bank atau perusahaan lain dibidang keuangan

·         Melakukan penyertaan modal dalam rangka penyelamatan kredit (kegagalan kredit, kegagalan pembiayaan dalam syariah) dengan ketentuan harus menarik kembali penyertaan sesuai ketentuan yang berlaku

·         Bertindak sebagai pendiri dan memberikan kontribusi kepadaDana Pensiun

·         Melakukan kegiatan yang lazim dilakukan oleh bank sepanjang tidak bertentangan dengan Undang-Undang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Tes dan Interview


1. Seleksi Administrasi
Kita bisa apply CV lewat jobfair maupun email dari website bank DKI (http://www.bankdki.co.id/karir)

2. Test Performance
Test ini murni hanya melihat kemampuan kita memperkenalkan diri di hadapan peserta lainnya. Para peserta yang hadir saat tes dikumpulkan di satu ruangan dan kita dipanggil satu persatu untuk memperkenalkan diri (nama, lulusan kampus mana, ipk, pengalaman bekerja/ organisasi bagi fresh graduate, motivasi bekerja di bank DKI) selama maks. 3 menit. Selain dilihat dari cara kita berbicara, penampilan kita jg diperhatikan. 

Tips untuk lolos tahap ini : berpenampilan rapi, cewek yang rambutnya panjang lebih baik dicepol, maks rambut sebahu diurai ga masalah. Buat cowok mending rambut agak ditata wet look pake gel2 atau pomade. Daaannn tentunya harus murah senyum, karena untuk fresh graduate kita ditempatkan dulu di front liner selama kontrak 1th setelah itu baru ada pengangkatan kary tetap. 

Nah, selama kontrak 1th tadi kita dikenakan penalti 9 juta kalau resign. Gaji untuk posisi ini juga disebutkan di awal sebelum test performance yaitu UMR plus tunjangan makan dll. Selain itu kl ada penalti tentu saja ada penahanan ijazah. Jadiiii jangan kaget hehee..

3. Test Interview
Diumumkan langsung setelah selesai test performance. Disini kita akan diinterview one by one sama user. Tiap orang rata2 diinterview 10-30 menit dan disitu kita ditanya tentang apa yg ada di CV kita. Terusss kita juga ditanya tentang perkembangan bank saat ini, apa itu bank dan produk bank DKI itu apa aja, beda bank syariah dan konvensional, begitulah... 

4. Psikotest dan Test Kesehatan (MCU)

Di tahap psikotes ini kalau bisa dateng ke lokasi jangan sampai telat yaa, karena pas absen selain tanda tangan kita juga nulis waktu kedatangan kita hehehe. Kandidat yang hadir adalah 14 Orang, 10 orang untuk posisi CS/ADM dan 4 orang untuk posisi Teller. Jangan lupa bawa foto 4×6 1 lembar ya, karena setelah absen kita bakalan dikasih kertas untuk isi biodata kita. Di tahap ketiga ini seperti psikotes pada umumnya kok, ada tes deretnya, tes wartegg, Tes koran/pauli, dll. 

Oh iya, tes mengenai pengetahuan perbankannya juga ada. Perbedaan psikotes untuk posisi teller dan CS/ADM adalah tes bahasa inggris. Untuk posisi teller tidak ada tes bahasa inggrisnya ya. Setelah menyelesaikan rangkaian tes tertulis, kita akan dipanggil satu per satu untuk interview sama psikolog. Kalau interview nya ini lebih ngomongin tentang kepribadian kita kok, kita orangnya gimana (kelebihan dan kekurangan), kegiatan apa aja yang pernah kita lakuin di jaman sekolah maupun kuliah, bakalan ditanya permisalan juga (gimana cara kita menyikapi masalah, contoh : kalau ga mencapai target apa yang bakalan kamu lakuin?) kurang lebih seperti itu.

 4. TTD Kontrak

Di tahap penjelasan kontrak dan pemberkasan ini sebaiknya kita baca dulu draft kontrak yang dikirim melalui email untuk bahan pertanyaan. Karena pada tahap ini kita akan diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan terkait kontrak yang akan ditanda tangani nantinya. Selain itu kita juga akan melakukan pemberkasan seperti ijazah, transkip nilai, ktp, akta kelahiran, kartu keluarga, SKCK yang masih berlaku, npwp dan rekening payroll (semua berkas ini adalah berkas yang difotocopy, jadi yang dikumpulin fotocopy-an nya ya bukan yang asli hehehe). 

Untuk fotocopy NPWP, SKCK dan Rekening Payroll bisa menyusul. Di tahap penjelasan kontrak ini kita belum tanda tangan kontrak yaaa, kita bakalan dibikinin grup Whatsapp yang isinya adalah kandidat yang bakal tanda tangan kontrak di bulan/waktu yang sudah dijadwalkan.

Post a Comment for "Pengalaman Test & Interview Seleksi Karyawan Bank DKI"

close